Jual Bibit Karet Unggul Pb260 Okulasi Bersertifikat
News
18 April 2014
Standar Indonesia Rubber (SIR)
SIR (Standar Indonesian Rubber) pada tabel berikut ini : detail

9 April 2014
Standar Mutu Lateks Pekat
standar mutu kualitas lateks.... detail

4 April 2014
Jenis Bahan Olahan Karet yang beredar di pasaran (2)
Pengolahan karet secara konvensional adalah pengolahan yang dilakukan dengan cara-cara manual, cenderung melalui kebiasaan masyarakat sekitar. Pada dasarnya hasil pengolahan jenis ini.... detail

3 April 2014
Jenis Bahan Olahan Karet yang beredar di pasaran (1)
Jenis-jenis olahan karet dari getah yang dilakukan proses pengolahan menghasilkan beberapa jenis produk sebagai berikut. detail

» index berita
Testimonial
dianto
asalamualaikum ....aku bekerja lembaga karet malaysia tapi aku orang indonesia asli.jabatan ku pengurus persemaian bibit karet .produksi yg tiap 1 thun bisa 1 juta bibit yg bisa jual.aku punya lahan 2... detail

bibit karet
[URL]
Pemesanan untuk wilayah medan..sumatera utara...kontak kami...

Imron Kaltim
Ass. pak ridwan, alhamdulillah biji karetny sudah datang. Semoga bisa tumbuh dngn baik.

Warsono
[URL]
Dicari investor/Dijual lahan cocok untuk perkebunan Karet atau Kelapa Sawit, luas 12.000 hektar. Lokasi di Kec. Bongan, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Surat Kepemilikan ada. Harga Rp 4.000.000,-/hekta... detail

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Mengenai Tanaman Karet

11 November 2012

Tanaman Karet ( Hevea brasiliensis ) awalnya dikenal pada zaman penjajahan Belanda, tanaman ini mulanya hanya sebagai jenis spesies baru yang dikoleksi yang di tanam di kebun raya Bogor. Melihat potensi market yang ada lalu dikembangkan secara perkebunan dan tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Tanaman karet mempunyai sistematika genetik sebagai berikut :

  • divisi      : Spermatophyta
  • subdivis  : Angiospermae
  • kelas      : Dicotyledonae
  • ordo       : Euphorbiales
  • famili     : Euphorbiaceae
  • genus     : Hevea
  • spesies   : Hevea brasiliensis.

Gambar 1 : Kebun Karet.

Tanaman karet mempunyai akar tunggang, akar tersebut menopang batang tanaman yang besar dan tinggi. Batang tanaman karet biasanya tumbuh lurus dan memiliki percabangan yang tinggi di atas. Batang tanaman ini memiliki percabangan yang tinggi di atas. Batang tanaman ini mengandung getah yang disebut lateks.

Daun karet berwarna hijau, apabila akan rontok, daun berubah warna menjadi kuning atau merah. Daun karet terdiri dari tangkai daun utama dan tangkai daun. Biasanya ada 3 anak daun yang terdapat pada sehelai daun karet. Anak daun berbentuk eliptis yang memanjang dengan ujung runcing dan tepian yang rata.

Bunga karet terdiri dari bungan jantan dan bunga betina. Bunga terdapat dalam malai payung tambahan yang jarang. Kepala putik yang akan dibuahi dalam posisi duduk berjumlah tiga buah, sedangkan bunga jantan mempunyai sepuluh sari yang tersusun menjadi suatu tiang.

Buah karet mempunyai pembagian ruang yang jelas. Masing-masing ruang berbentuk setangah bola. Jumlah ruang biasanya tiga, tetapi ada juga yang mempunyai enam ruang. Apabila buah sudah masak, buah akan pecah dengan sendirinya.Pemecahan terjadi dengan kuat menurut ruang-ruangnya. Biji-biji yang terlempar, kadang-kadang sampai jauh, akan tumbuh dalam lingkungan yang mendukung.

Biji karet mempunyai  jumlah biji yang sesuai dengan jumlah ruang buah. Biji-biji berukuran besar dengan kulit yang keras. . Biji karet berbahaya jika dijadikan mainan karena mengandung racun.



Baca juga
  » 18 April 2014
Standar Indonesia Rubber (SIR)
SIR (Standar Indonesian Rubber) pada tabel berikut ini :

  » 9 April 2014
Standar Mutu Lateks Pekat
standar mutu kualitas lateks....

  » 4 April 2014
Jenis Bahan Olahan Karet yang beredar di pasaran (2)
Pengolahan karet secara konvensional adalah pengolahan yang dilakukan dengan cara-cara manual, cenderung melalui kebiasaan masyarakat sekitar. Pada dasarnya hasil pengolahan jenis ini....

  » 3 April 2014
Jenis Bahan Olahan Karet yang beredar di pasaran (1)
Jenis-jenis olahan karet dari getah yang dilakukan proses pengolahan menghasilkan beberapa jenis produk sebagai berikut.

  » 29 Maret 2014
Harga Karet Merosot, Petani Menjerit.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petani karet di Bangka Belitung menjerit karena harga komoditas ini merosot. Harga karet alam kini sekitar Rp 6.500 per kilogram, lebih rendah dibandingkan harga akhir tahun 2013 sebesar Rp 8.000 per kilogram.

Information
1 user sedang online
Anda pengunjung ke-38,613
Search
Search:
Others
Others

bibit karet | benih karet 

pasang iklan untuk jual bibit karet anda? kontak email dibawah ini

anda butuh website ini? kontak email di bawah ini

agra@bibit-karet.com


Toko Online